web counter MM UI Magister Manajemen Universitas Indonesia - Universitas Swasta

MM UI Magister Manajemen Universitas Indonesia

Jika anda yang sedang mencari informasi MM UI Magister Manajemen Universitas Indonesia, maka Universitas Swasta akan menyampaikan tentang MM UI Magister Manajemen Universitas Indonesia seperti dibawah ini:

ANDA SIBUK BEKERJA, INGIN KULIAH D3 S1 S2 KLIK DISINI

MM UI Magister Manajemen Universitas Indonesia

MM UI, Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (MM-FEUI) didirikan berdasarkan penugasan Pemerintah melalui Departemen Pendidikan dan Kebudayaan kepada Universitas Indonesia. Latar belakang penugasan ini adalah adanya kecenderungan pada pertengahan tahun 1980-an di mana berbagai lembaga pendidikan swasta di Indonesia menawarkan pendidikan manajemen dengan gelar MBA (Master of Business Administration). Sementara itu pendidikan dan gelar MBA tidak dikenal dalam sistem pendidikan nasional.

Untuk mencegah kemungkinan permasalahan yang timbul bagi para penyandang gelar MBA tersebut, maka Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menugaskan Universitas Indonesia dan Universitas Gajah Mada, sebagai dua Universitas yang memiliki Fakultas Ekonomi yang kuat, untuk merintis pendirian program Magister Manajemen di Indonesia. Tujuan utama dari pendirian program Magister Manajemen adalah untuk menghasilkan calon manajer profesional yang bermutu. Karena itu pula pendidikan Magister Manajemen ini disebut pendidikan S 2 studi manajemen jalur profesi. Selain itu, program Magister Manajemen dari dua universitas ini diharapkan dapat menjadi panutan (benchmark) bagi pengembangan program Magister Manajemen dari lembaga pendidikan lainnya. Pendirian program Magister Manajemen juga merupakan proyek percobaan bagi upaya mobilisasi dana masyarakat bagi pengembangan pendidikan tinggi. Karena itu pendirian Program Studi ini sama sekali tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Sebagai suatu program pendidikan yang baru, pendirian program studi Magister Manajemen membutuhkan kerja keras dan waktu persiapan yang cukup panjang baik dalam hal pengembangan kurikulum maupun dalam hal pengembangan fasilitas pendidikan yang sesuai standar pendidikan MBA di negara maju dan kebutuhan industri. Pengembangan kurikulum MM FEUI dibantu oleh Walter A. Haas School of Business University of California, Berkeley dan berdasarkan pertemuan dan diskusi dengan berbagai usahawan di Jakarta. Sedangkan pengembangan fasilitas, MM-FEUI dibantu oleh berbagai kalangan industri, baik perusahaan, lembaga maupun perorangan.

Pada tanggal 7 Oktober 1988, MM-FEUI secara resmi dibuka dengan Kuliah Perdana bagi mahasiswa angkatan pertama yang diberikan oleh Prof. Dr. Ali Wardhana. Pada saat pembukaannya, Program Studi MM-FEUI menawarkan dua konsentrasi, yaitu Manajemen Internasional dan Akuntansi Manajemen. Pada tahun-tahun pertama pelaksanaan program, MM-FEUI juga memperoleh bantuan tenaga pengajar dari Haas School of Business University of California, Berkeley.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.